Apa itu identitas kebudayaan nasional Indonesia ?

 

Manusia dan kebudayaan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena saling berkaitan. Budaya merupakan bentuk atau hasil dari kreativitas manusia. Kebudayaan juga merupakan penjelmaan dari hasrat manusia bahkan lebih jauh lagi, Tuhan karena pada hakikatnya alam dan manusia serta segala isi alam raya ini merupakan suatu yang muncul dari realitas yang mutlak.

Kebudyaan juga akan menjadi symbol atau identitas bagi suatu Negara atau bangsa. Melalui kebudayaan orang akan menjadi lebih faham terkait sejarah karena sejarah dan kebudayaan saling berhubungan. Kebudayaan menjadi suatu tolok ukur dalam mengenal lebih dalam suatu Negara. Dari sejarah kita banyak mengetahui betapa banyak kebudayaan yang lahir di dunia ini dan salah satu Negara yang kaya akan kebudayaan adalah Indonesia.

Indonesia adalah Negara yang kaya akan kebudayaan yang beraneka ragam. Keanekaragaman itu menjadi cirri khas tersendiri bagai republik yang menderka 67 tahun silam ini. Keanekaragaman itu bias dilihat secara hsitoris bangsa ini yang sebenarnya masih dalam pencarian identitas. Keanekaragaman itu tidak hanya bias dilihat dari antar pulau saja, akan tetapi sampai kepada areal yang kecil yakni pada tataran daerah saja bisa berbeda-beda. Inilah kekayaan yang tersembunyi di negeri kepulauan terbesar di dunia ini.

Keanekaragaman tadi memunculkan polemik tersendiri terhadap identitas kebudayaan nasional karena kebudayaan nasional itu member identitas nasional, dan identitas nasional itu perlu untuk mendorong motivasi untuk usaha pembangunan, begitu yang ditulis oleh Koentjaranigrat dalam buku beliau yang berjudul, “Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan”. Berbagai cendikiawan memunculkan argument dan konsep masing-masing. Ada yang mengatakan kebudyaan nasional itu harus dari sesuatu yang baru, ada juga yang mengatakan harus berakar dari kebudayaan lama, dan ada yang bisa di bilang gabungan keduanya.

Kalau identitas kebudayaan nasional mengarah kepada pembangunan, maka yang perlu dilihat adalah mental masyarakat Indonesia dewasa ini yang carut-marut terutama generasi muda. Alih-alih ingin mengembangkan potensi diri dan membanggakan bangsa justru secara tidak langsung meruntuhkan Indonesia dari dalam. Di Indonesia justru lebih berkembang kebudayaan luar dari pada kebudayaan yang ada di Indonesia di berbagai daerah. Saya masih mengapresiasi teman-teman yang setia dan memajukan kebudayaan Indonesia.

Telah terjadi degradasi rasa bangga terhadap kebudayaan yang ada di Indonesia berkar dari kesadaran sejarah yang berkurang. Hal ini akan berdampak pada kemerosotan mental, mental pembangunan yang diharapkan guna bersaing di era global ini. Menggali lagi kearifan local budaya nusantara, member ruh baru dan revitalisasi akan mampu memberikan kontribusi dalam persatuan dan kesatuan bangsa mapun menjawab tantangan global, itu yang ditulis oleh Gubernur DIY (Sri Sultan HB X) dalam buku beliau yang berjudul” Merajut Kembali Indonesia”.

Kebudayaan nasional Indonesia merupakan semua bentuk kreativitas ciptaan putra bangsa di seluruh Indonesia dalam rangka persatuan dan kesatuan serta ada rasa bangga dari rakyat Indonesia itulah kebudayaan nasional Indonesia dan itu jugalah identitas kebudayaa nasional Indonesia yang menjadi ciri khas tersendiri. Masyarakat Indonesia harus bangga dan bersyukur dengan perbedaan yang diberikan Tuhan karena itu membuat Indonesia kaya dan dikenal dunia. Identitas kebudayaan nasional Indonesia itu adalah keanekaragaman kebudayaan yang ada di Indonesia.

 

 

 

About these ads
Categories: humaniora | Tinggalkan komentar

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: