Menengok Kembali Peran Mahasiswa

 

Mahasiswa merupakan eleman masyarakat yang sangat sentral dalam memajukan sebuah peradaban. Bila berbicara mengenai mahasiswa identik dengan pemuda. Pemuda yang memiliki gejolak semangat perubahan yang progresif. Mahasiswa juga identik dengan kaum intelektual yang dengan ide-ide dan gagasan-gagasan cemerlangnya mampu membuat arus perubahan yang signifikan bagi kemajuan suatu bangsa.

Kekuatan mahasiswa tidak bisa dipandang sebelah mata. Terkadang, para golongan tua yang sudah merasa memiliki perngalaman lebih memandang sebelah mata terhadap mahasiswa. Jadi, porsi yang diberikan untuk turut andil dalam kamajuan bangsa jarang dilibatkan (dalam artian mengambil kebijakan). Tapi, bila dilihat lebih jauh lagi, mahasiswa sebagai kaum intelektual, pemuda, dan juga elemen masyarakat hanya dijadikan “robot penggerak” bagi jalannya sebuah pemerintahan (legitmasi).

Dan bila berbicara mengenai pendidikan bangsa, tentu tidak bias lepas dari peran mahasiwa sendiri. Disisi lain, mahasiswa sangat berperan dalam memajukan pendidikan bangsa. Identitas dan ideologis mereka sebagai kaum intelektual memberikan aroma segar bagi pendidikan. Apalagi bagi mereka (mahasiswa) yang hasil produk dari univesitas atau perguruan tinggi yang berorientasi atau berlatar belakang pendidikan dan mencetak guru. Akan tetapi, belum tentu produk dari perguruan tinggi seperti itu juga berimbas melahirkan generasi muda yang progresif dan bermental pembangunan. Tentu saja banyak faktor yang mendukung hal tersebut.

Karena, pada era sekarang ini, justru mahasiswa sudah kehilangan ruh sebagai penggerak peradaban (pendidikan). Banyak mahasiswa yang sudah meninggalkan kebesaran identitas ke-mahasiswa-an mereka. Mahasiswa lebih cendrung berfikir pragmatis dan individualistis. Tidak heran, karena arus globalisasi yang tidak difikter dengan baik berdampak kepada generasi muda (mahasiswa) dan akhirnya ujung tombak dalam memajukan pendidikan bangsa pupus sudah. Oleh karena itu, marilah, segenap warga Negara Indonesia tanpa terekcuali, mahasiswa khusunya, inget peran kita terhadap kemajuan pendidikan bangsa sangat sentral.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s